Yuk Mengenal Lebih Dalam Gunung Semeru

Assalamu Alaikum..halo apa kabar? ah baru sempet nulis lagi nih, berhubung kemaren saya & kawan-kawan menaklukkan Semeru, hayo siapa sih yang gak kenal gunung tertinggi dipulau jawa ini dengan ketinggian puncak Mahameru 3.676 mdpl (meter diatas permukaan laut). apalagi udah di filmkan di bioskop dengan judul " 5 cm". cuman mau berbagi sedikit pengalaman & ingin anak negeri tahu bahwa Indonesia itu negara surgawi. Tsaah bahasanya..

Nah berawal dari stasiun bandung, kita memulai perjalanan dengan menggunakan kereta, yaa dengan kocek 170 ribu dari Bandung - Malang dengan jarak tempuh 16-17 jam perjalanan. Namun menurut saya kereta merupakan pilihan tepat dalam perjalanan jauh apalagi memakan waktu yang sangat lama, panas booo pantat...karena kalo naik kereta selain bebas kemacetan (ya pasti) bisa menikmati pemandangan di tiap daerah yang dilalui.

Nah..inilah suasana didalam kereta, berAC & bebas asap rokok, tapi berhubung kami perokok yaa paling pas dipemberhentian berikutnya kami turun bareng untuk menikmati sebatang tembakau yg saya juga sulit untuk menjabarkan kenikmatannya (hhaha lebay).

Setelah sampai di kota Malang serta beristirahat beberapa menit kami pun langsung menuju ke desa Tumpang untuk melanjutkan perjalanan menuju Ranu Pani. di Tumpang kalian bisa memilih untuk mengendarai Jeep ataupun Truk tapi kalo yang berangkatnya rombongan lebih baik menggunakan Truk lebih leluasa, apalagi banyak carrier.

Sesampainya di Ranu Pani kami pun disambut dengan ramahnya warga sekitar desa & rintik hujan yang disambung oleh kabut. tapi semangat tetap on fire dong Lets Rock!!!

Ini merupakan pos 1, jadi ada 4 pos yang harus dilalui untuk sampai ke Ranu Kumbolo dan membutuhkan waktu kurang lebih 8 jam. di tiap perjalanan kami disuguhkan dengan pemandangan yang indah, kicauan burung yang unik serta medan yang agak berat dikarenakan berlumpur akibat gerimis yang mengguyur yang menyebabkan sepatu jadi agak berat karena lumpur yang menempel di alas sepatu.

Tiba di Ranu Kumbolo sekitar jam Setengah 1 malam, karena tak ingin kehilangan suasana pagi hari yang terjadi di Ranu Kumbolo kami pun berbagi tugas, sebagian ada yang memasang tenda, memasak, mencuci dll. karena ingin beristirahat agar besok bisa bangun lebih pagi dan melanjutkan lagi perjalanan selanjutnya.

Dan ya...saya merasa sangat beruntung karena dapat menikmati sekaligus mengabadikan moment yang ada di Ranu Kumbolo, inilah keindahan Ranu Kumbolo sekitar jam 05:35.

Dan inilah penampakannya sekitar pukul 07:30..seger banget ngelihatnya, setelah itu kami pun sarapan pagi untuk mempersiapkan tenaga menuju Kalimati, tak lupa juga mengisikan beberapa air untuk bekal dijalan maupun ketika perjalanan menuju puncak Mahameru, nah untuk menuju ke Kalimati kita harus melewati Tanjakan Cinta, Taman Lavender, Cemoro Kandang serta Jambangan & itu membutuhkan waktu sekitar 5-6 jam..Semangat..Semangat..Semangat!!!

Hayoo ada yang tahu apa ini? inilah tanjakan cinta, mitosnya ketika sudah mendaki, jangan sampai menengok karena sesuatu yang kita pikirkan tidak akan terwujud apalagi memikirkan gebetan..aish tsah tsah..tapi dari saya sendiri sih menganggap itu hanya suatu dorongan saja, soalnya pas nanjaknya itu lumayan nguras tenaga.

Taman Lavender..wah sangat mengasyikkan berjalan diantara lavender ini, udah berasa kayak di india2 gitu, nyanyi2 sambil main petak kumpet..hhahaha tapi serius guys Indah banget!

Cemoro Kandang, istirahat bentar dululah capek bos! hhahaha nah perjalanan dari Cemoro Kandang ini kalian akan menikmati pohon-pohon Venus yang tinggi. Medannya lumayan PHP (Pemberian Harapan Palsu) nanjaknya emang cmn beberapa derajat sih, cuman panjang perjalanannya menuju Jambangan.

Nah tuh dia Mahamerunya, makin semangat aja. Jambangan, di Jambangan ini Mahameru sudah tampak dengan jelas, perjalanan pun berlanjut hingga akhirnya tiba di Kalimati. Seperti biasa kami pun membagi tugas untuk memasang tenda, memasak dll. setelah beristirahat kami pun menyusun rencana serta mempersiapkan barang bawaan untuk memulai mendaki puncak Mahameru..

Tiba jam 24.00 kami pun berangkat dari Kalimati, Arcopodo & mulai lah pertarungan sebenarnya..pasir Mahameru mulai menenggelamkan sepatu kami, kerikil - kerikil pun mulai menurunkan kami hingga tiga langkah, bekal air mulai menipis, bibir mulai memucat, namun semangat kami tetap berapi-api untuk tiba dipuncak! Menatap kebawah hanya membuatku berpikir, apa jadinya jika aku jatuh !@#%$#%^%$&%

Yeah!! Great..
Bendera sudah mulai nampak, kerikil yang melemahkanku mulai kuacuhkan, entah kenapa melihat bendera Indonesia berkibar membuatku seperti..Bukan! Bukan kerasukan Jin ataupun Mahluk halus lainnya tapi lebih tepatnya Energi yang tersembunyi itu keluar tiba-tiba(saking semangatnya!).

Akhirnya.......

Tanpa basa basi langsung ngambil kamera di Tas & mengambil beberapa gambar, hmm tapi dari beberapa gambar menurut saya hanya yang ini yang paling Te O Pe..hhehehe

Sebenarnya sih masih ada videonya cuman belum di edit & belum punya waktu dikarenakan sedang menyusun skripsi, Selamat Menikmati..

Puncak Mahameru

Sekian dulu sedikit pengalaman dari saya..